Membuat kuesioner online menggunakan Google Drive



Ketika kita melakukan penelitian sering kali kita menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner. Kita membagikan kuesioner tersebut sebagai alat ukur kepada responden penelitian. Setelah diisi oleh responden penelitian selanjutnya kita membuat rekap hasil kuesioner untuk kita olah menggunakan software SPSS. Nah, seringkali kita merasa ribet atau bahkan dibuat pusing memasukkan data dari kuesioner ke dalam aplikasi spreadsheet, karena banyaknya kuesioner yang kita bagikan ke responden penelitian. Google Drive menyediakan aplikasi untuk membuat kuesioner serta membagikan kepada responden penelitian secara online. Hasil dari pengisian kuesioner oleh responden penelitian langsung direkap ke dalam format aplikasi spreadsheet, misal xls. Berikut langkah-langkah untuk membuat kuesioner online menggunakan Google Drive.

Pertama kita buka dulu akun Google kita, aplikasi ini hanya tersedia untuk pengguna akun google (gmail). Pada bagian atas klik Drive, maka kita akan langsung dibawa ke halaman Google Drive. Berikut tampilanya.



Langkah kedua klik pada ikon BUAT atau CREATE kemudian pilih Formulir, akan tampil halaman untuk mengedit formulir atau kuesioner yang kita buat.

Langkah selanjutnya kita tinggal mengedit kuesioner milik kita. Kita bisa menggunakan berbagai macam skala pengukuran misal skala likert ataupun semantik diferensial. Atau kita menginginkan jawaban dari responden berupa teks. Kita juga bisa menambahkan pertanyaan yang wajib dijawab. Pada tahapan ini buat kuesioner online kita betul-betul mirip dengan kuesioner yang menggunakan kertas. Kita bisa mengatur Judul kuesioner, deskripsi kuesioner, pertanyaan, bantuan pertanyaan kalau ada, skala dan label. Bahkan kita juga bisa mengatur tampilan kuesioner kita agar menarik. Tersedia puluhan tema yang bisa digunakan untuk mengatur tampilanya.

Setelah kuesioner kita buat sesuai keinginan kita langkah selanjutnya adalah membagikanya kepada responden penelitian. Cara untuk membagikanya cukup dengan klik email formulir ini, kemudian masukkan alamat email responden, kemudian klik kirim. Secara otomatis formulir akan terkirim ke alamat email responden.

Selanjutnya kita tinggal menunggu responden penelitian agar mengisi kuesioner yang kita berikan. Kita bisa melakukan beberapa treatmen agar responden mau mengisi kuesioner yang kita bagikan misal dengan SMS atau dengan pengumuman.

Setelah responden mengisi kuesioner yang kita berikan, rekap kuesioner bisa kita lihat pada Google Drive dengan nama file sesuai dengan nama kuesioner kita. Untuk melihat rekap kuesioner kita, klik pada nama kuesioner maka akan tampil rekap kuesioner hasil pengisian responden dalam format spreadsheet. Kita tinggal memindahkanya di SPSS untuk dianalaisis.

Bagi responden penelitian tidak perlu repot. Untuk mengisi kuesioner cukup dengan mengklik link yang dikirimkan lewat email oleh si peneliti dan ikuti perintah yang ada. Berikut contoh tampilan kuesioner.


Aplikasi ini merupakan salah satu bentuk layanan Cloud Computing. Kita tidak perlu menyimpan file kuesionernya di komputer kita. File kuesioner kita simpan di Google drive. Kita juga tidak perlu menginstal aplikasi untuk membuat kuesioner di komputer kita, aplikasi untuk membuat kuesioner sudah tersedia di Google drive. Disini Google drive berperan sebagai data center. Layanan ini termasuk dalam jenis IAAS dan SAAS. IAAS adalah infrastruktur As A Service, dimana Google Drive sebagai tempat penyimpanan juga memberikan fasilitas jaringan dengan mengirimkan email ke reaponden. SAAS adalah Software As A Service, dimana aplikasi sudah tersedia di Google Drive yaitu Google formulir.

Aplikasi ini tidak hanya digunakan untuk membuat kuesioner saja, tetapi bisa juga digunakan untuk membuat formulir pendaftaran, pemesanan, komentar dan lain-lain yang bisa kita sematkan di blog atau web site kita.








1 comment: