10 Hal yang Sepele yang Berdampak Besar ke Lingkungan


Di sini saya hanya sekedar memberikan bacaan ringan dan santai, tentunya yang bermanfaat.Sebenernya tuh kita nggak usah repot-repot nanem pohon yang gede2 macem pohon bagong, yang perlu kita lakukan untuk menyelamatkan bumi kita ya dari diri kita sendiri dulu baru menyelamatkan bumi kita ini. Toh dengan kita mendahulukan diri kita lama kelamaan itu akan berdampak positif juga ke lingkungan kita. Dan langkah yang harus kita tempuh adalah.
Jangan Boros
Matikan lampu, TV atau radio jika tidak digunakan. Masaklah makanan dalam porsi yang cukup agar tidak terbuang percuma. Jangan mandi terlalu lama dan matikan air yang tidak terpakai.

Mendaur Ulang
Gunakan kembali kantong bekas berbelanja. Plastik dapat anda gunakan sebagai tempat sampah. Gunakan kembali buku catatan yang sudah bekas, sobek bagian yang sudah terpakai dan gunakan halaman yang masih kosong.

Beli dalam Jumlah Banyak
Hal itu akan mengurangi biaya daripada hanya membeli satu barang saja dan hanya menggunakan sedikit pengepakan.

Beli Bahan Organik
Makanan organik itu bebas pestisida sehingga lebih sehat untuk manusia, hewan dan juga lebih baik bagi lingkungan.

Beli Produk yang Berlabel Ramah Lingkungan
Jika mau lebih bagus lagi, gunakan resep anda sendiri. Kebanyakan produk pembersih adalah racun untuk manusia dan binatang dan tidak baik untuk lingkungan.

Kurangi Berkendara
Lakukan semua tugas dalam satu hari dan dalam satu rute.

Kurangi Penggunaan Bahan-Bahan Langsung Buang
Gunakan peralatan makan umum. Jika menggunakan mesin pencuci piring, pastikan isinya penuh sebelum dijalankan. Belilah kain lap daripada kertas lap .

Kurangi Penggunaan Pengering Pakaian
Jemurlah pakaian di terik matahari supaya kering. Beberapa manfaat dari penjemuran matahari adalah tidak lengket, berbau segar dan bebas hama. Selain itu bisa menghemat uang karena mengurangi pemakaian listrik.

Gunakan Pupuk dan Pestisida Alami dan Organik
Mulailah menggunakan pupuk kompos untuk tanaman anda. Biarkan daun rontok untuk memperkaya tanah. Pestisida alami dapat dibeli atau dibuat sendiri.

Belilah Produk yang Terbuat dari Bahan Daur Ulang
Banyak perusahaan telah membuat produk dari material daur ulang seperti furniture, pakaian, lantai, pengepakan, mainan dll. Bahannya sendiri terbuat dari aluminium, botol soda plastikm katun, kayu, karet dan kertas.

Masih banyak lagi cara agar hidup kita lebih ramah lingkungan. Tapi segitu aja  tips dari saya, semoga bermanfaat buat kita semua. Dan semoga bumi kita tetap sehat yee gan jangan biarkan Bumi kita jadi gini.

No comments:

Post a Comment